Rabu, 08 Oktober 2014

BAB 7 KITAB SUCI




                Pesan Perjanjian Lama adalah pesan tentang Kristus dan kedatangan dan penebusan-Nya. Tampaknya bahwa pembelajaran secara seksama dan penuh doa mengenai pasal-pasal ini adalah keharusan bagi siapa saja yang ingin memahami dan mengajarkan pesan dari Perjanjian Lama. Jadi, Pesan Perjanjian Lama adalah pesan tentang keselamatan dan perintah-perintah yang harus kita patuhi agar dapat mengambil bagian dari keselamatan yang ditawarkan itu”.
. Perjanjian Lama berisikan perjanjian-perjanjian dan ajaran-ajaran yang diberikan Tuhan kepada anak-anak-Nya untuk mempersiapkan mereka bagi kedatangan pertama Mesias dan untuk mengajar mereka cara kembali dan hidup di hadirat-Nya.

            Perjanjian Baru adalah catatan tentang hubungan Allah dengan anak-anak-Nya sejak Penciptaan sampai kira-kira tahun 400 S.M. Perjanjian adalah hubungan khusus dengan Tuhan yang melaluinya seseorang atau kelompok orang dapat mengikat janji. Tuhan menetapkan syarat dan ketentuan bagi pemberian pahala (berkat-berkat, keselamatan, permuliaan) dan upaya-upaya (kepatuhan terhadap peraturan dan perintah-perintah). Perjanjian dipenuhi ketika orang mematuhi janji-janji mereka dan bertahan dengan iman sampai akhir, dengan Tuhan memberikan berkat-berkat selama kehidupan fana dan keselamatan dan permuliaan setelah menyelesaikan
kehidupan fana.


Landasan biblis 2 Tim 3 : 16-17
v  Ayat 16 :
ü  Bemanfaat untuk mengajar
ü  Menyatakan kesalahan
ü  Memperbaiki kelakuan
ü  Mendidik orang dalam kebenaran

v  Ayat 17 :
ü  Setiap manusia kepunyaan Allah dapat diperlengkapi untu setiap perbuatan baik.

Kesimpulan :
                Kesimpulannya yaitu Perjanjian Lama berisikan refleksi umat Israel atas karya-karya besar Allah yang dikerjakan pada masa lampau yang menyelamatkan dan membebaskan.

                Sedangkan Perjanjian Baru berisikan refleksi Iman umat perdana atas hidup dan karya Yesus yang mebebaskan dan menyelamatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar